Selain bina Pra-Nikah, Kelker Keluarga juga mewadahi pembinaan kepada anggota jemaat yang sudah menikah (Pasca Nikah) dengan sasaran untuk memelihara dan meningkatkan kualitas hidup pernikahan, baik dalam hal relasi dan komunikasi suami-isteri maupun orang tua kepada anak-anak.

Kegiatan pembinaan yang pernah dilakukan adalah menyelenggarakan seminar-seminar dengan topik aktual misalnya Seminar Keluarga : "Bagaimana Anda Mendampingi Anak Remaja dalam Menghadapi Media Pornografi" oleh Dra. Bunga K. Kobong, MSi., Seminar Masa Pacaran (bekerja sama dengan Komisi Pemuda), Seminar Pasutri : "Pasanganku adalah Belahan Jiwaku" oleh Bapak Ongkie Hananto, dan lain sebagainya.

Dapat kita lihat bahwa topik-topik tersebut bukan saja untuk menolong suami dan istri untuk meningkatkan kualitas hubungan mereka dalam berkomunikasi, dalam menjaga api cinta tetap menyala, dalam menerima pasangan hidup apa adanya, dan banyak lagi - tetapi juga topik-topik yang menolong pasutri menjadi orang tua yang baik dan bertanggung-jawab terhadap anak-anak yang telah Allah karuniakan kepada mereka.

Selain seminar, setahun sekali Bina Pasca Nikah juga menyelenggarakan Retreat Pasutri di luar kota. Hampir seluruh peserta yang telah mengikuti retreat pasutri mengakui bahwa banyak sekali berkat yang mereka dapatkan, antara lain:

  • Keinginan untuk memahami dan menghargai pasangan hidup dari sudut pandangannya (bukan dari sudut pandang 'aku')
  • Keinginan untuk lebih lagi mencintai secara tulus dan menerima tanpa pamrih segala kekurangan pasangan hidup kita
  • Kesadaran untuk memperbaiki sikap dan komunikasi yang selama ini ternyata keliru
  • Kesaksian-kesaksian yang membuat pengurus kelker bersyukur kepada Tuhan

Dalam beberapa kegiatannya, kelker keluarga juga bekerja sama dengan Komisi Anak terutama untuk topik pembinaan yang berkaitan dengan peran orang tua dalam membesarkan anak, mengatasi persoalan dan tantangan nyata yang dihadapi anak-anak sekarang ini (program TV, internet, games, narkoba, dan sebagainya) serta cara membangun komunikasi dua arah antara orang tua dan anak. Kelker Keluarga juga bekerja sama dengan Komisi Remaja dan Komisi Pemuda dalam menyelenggarakan pembinaan mengenai pergaulan, berpacaran dan memilih calon pasangan hidup. Salam keluarga,

Gallery