Kami adalah salah satu Badan Pelayanan di jemaat GKI Gunsa yang dibentuk oleh dan bertanggung-jawab kepada Majelis Jemaat untuk mengelola pelayanan di bidang kesehatan kepada anggota jemaat dan masyarakat, secara khusus melalui Poliklinik Tanah Tinggi.

Latar Belakang

Pada awalnya pelayanan kesehatan merupakan salah satu kegiatan diakonia dimana anggota diakonia yang sakit dapat berobat kepada Dr. S. Soewarno (Dr. Oey Tiong Yang) yang praktek di Gunung Sahari Raya.

Pada tahun 1970 setelah studi kelayakan yang dilakukan oleh tiga anggota Majelis Jemaat yang menangani diakonia yaitu Dr. Lukas Hartanto, Dr. Gunawan Kosasih dan Bapak Dharmawan Tirtasaputra, dibentuklah poliklinik yang berlokasi di GKI Gunung Sahari dengan memakai salah satu ruang belakang gereja. Dibuka 2x seminggu dan dilayani oleh 2 orang mahasiswa kedokteran yaitu Drs. med. J. Lukas Sudirga dan Drs. med. Benyamin Julianto, dengan supervisi rutin oleh Dr. Lukas Hartanto. Penyediaan obat dibantu oleh Bapak Lukas Bratasiswa dan ibu Loa Wan Sin.

Lama kelamaan pasien bukan saja dari anggota diakonia, tetapi juga dari anggota masyarakat yang tinggal di sekitar gereja. Karena kendala tempat, Majelis Jemaat sepakat untuk memindahkan poliklinik dari jl. Gn. Sahari ke Pos Pelayanan di Tanah Tinggi I. Tanggal 1 Feb 1978, dengan dihadiri bapak Lurah, RT dan RW setempat, diresmikanlah poliklinik GKI Jabar Gn. Sahari di Tanah Tinggi. Pimpinan poliklinik dijabat oleh Dr. Hendra Utama dibantu tenaga dokter sukarela dari lulusan FK UI dan FK Ukrida.

Tahun 1998 nama kelker Poliklinik berubah menjadi Kelker Kesehatan.